Sejarah dan Perkembangan Klub Manchester City

Manchester City
No Comments

Manchester City atau yang juga dikenal dengan nama lain The Citizens adalah klub sepakbola liga premier inggris yang bermarkas di kota manchester. Klub ini satu kota dengan Manchester United. Manchester City didirikan pada tahun 1880 dan pada saat itu bernama St. Marks West Gorton, kemudian pada tahun 1887 merubah nama menjadi Ardwick Association Football Club dan pada tahun 1894 menjadi Manchester City.

Klub ini meraih kesuksesan pada akhir tahun 1960 dan awal tahun 1970 ketika mereka menjuarai League Championship, FA CUP, League CUP dan European Cup Winners Cup dibawah asuhan tim Joe Mercer, Malcolm Allison dan juga pemainnya termasuk Colin Bell, Mike Summerbee dan Francis Lee.

Setelah menjuarai League Cup pada tahun 1976, klub mengalami penurunan yang drastis sampai terdegradasi ke divisi tiga pada kompetisi sepakbola liga inggris pada tahun 1997-1998. Sejak saat itu, akhirnya klub kembali meraih kesuksesan. Pada tahun 2011, Manchester City lolos ke kompetisi liga champions dan juga menjuarai piala fa.

Manchester City Juara Liga Inggris 2012

Dibalik setiap piala yang dijuarai oleh tim ini terdapat kenangan yang bergema dengan jutaan pendukung dari seluruh dunia. Penggemar Manchester City dikenal atas komitmen dan kebersamaan mereka sebagai tim yang berjuang sampai kompetisi berakhir.

Saat ini, Manajer Pep Guardiola dan direktur sepakbola Txiki Begiristain telah membentuk skuad tim utama yang penuh dengan semangat dan juga perpaduan bakat dari pengalamannya. Pemain timnas inggris Raheem Srerling, Leroy Sane pemain timnas Jerman, dan Gabriel Jesus pemain timnas Brasil adalah tiga nama bintang yang membuat penggemar Manchester City di seluruh dunia nantikan.

Klub ini dibangun dengan visi untuk berkelanjutan, dengan struktur akademi yang dirancang untuk mendukung keberhasilan tim utama dalam jangka waktu yang panjang dan juga untuk keterlibatan dengan penggemar tim dimana saja. Bersama dengan penggemar dan mitra klub, Manchesster City terus mengembangkan sejarah.

Manchester City memainkan pertandingan kandangnya di Etihad Stadium, stadium ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 55.000 sejak tahun 2003.

Pada saat ini, kapasitas tempat duduk di Etihad Stadium lebih luas dan juga mencakup Manchester City Football Academy, pusat pelatihan tim utama dan fasilitas pengembangan pemuda yang terletak di timur kota manchester dimana tempat lahirnya klub tersebut.

Menampilkan 7.000 kapasitas Academy Stadium, Manchester City Football Academy juga merupakan tempat klub sepakbola wanita Manchester City dan tempat latihan tim utama.

Manchester City Academy kini menjadi rumah bagi lebih dari 170 pemain pria dan wanita U9 – U18.

Lebih dari sekadar bakat olahraga, ambisi akademi adalah untuk mengembangkan pemain muda dengan pengetahuan yang luas, memberikan peluang terbaik untuk sukses di sepakbola profesional dan juga kehidupannya.

Pemain muda menerima pendidikan akademis dan sepakbola berstandar tinggi dengan dukungan dari kurikulum non-akademik tentang pengalaman pribadi dan keterampilan hidup.

Pada bulan mei 2016, Manchester City mengumumkan kemitraan mereka selama lima tahun dengan NAC Brede untuk meminjamkan lima pemain ke tim asal Belanda setiap musim, membantu menjembatani kesenjangan antara akademi dan sepakbola tim utama dengan menawarkan pengalaman tingkat elit untuk pemain muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *