Rekor Menarik Jose Mourinho Sebagai Manajer

No Comments

Jose Mourinho adalah manajer sepakbola yang telah ternama di dunia sepakbola. Dia diamati oleh sejumlah pakar, pemain dan penggemarnya sebagai salah satu manajer cerdas dan bijaksana yang masih aktif sampai saat ini. Dia dinobatkan sebagai salah satu dari 10 pelatih terhebat sejak pendirian UEFA.

Sebelum dia benar-benar menjadi pelatih, Mourinho bekerja sebagai penerjemah dan asisten manajer klub Barcelona dan Porto di bawah asuhan Sir Bobby Robson dan Louis van Gaal. Dia memulai karir manajerialnya dengan Benfica dan saat ini dia menangani tim raksasa Liga Inggris Manchester United.

Karir dan Gelar Mourinho Sebagai Manajer

Mourinho memulai karir pertamanya sebagai manajerial dengan musimnya yang singkat di Benfica, yang hanya berlangsung selama sembilan pertandingan. Namun musimnya yang singkat itu membuahkan keberhasilan, dan dia langsung mendapatkan tawaran dari klub seperti Newcastle. Akhirnya dia meninggalkan klub sebelum kontraknya berakhir dikarenakan perselisihan dengan dewan mengenai perpanjangan kontrak dan politik internal klub.

Karir Awal Mourinho bersama Benfica

Mourinho memiliki musim yang singkat dan sukses lainnya di Uniao de Leiria dengan membawa tim menduduki posisi keempat di liga Portugal. Hal tersebut menarik perhatian banyak pemain kelas elit Portugal dan dunia, dan kemudian dia mulai mendapatkan ketenarannya sebagai manajer yang hebat dan tajam yang suka dirinya dikelilingi oleh media.

Pada Januari 2002, Mourinho bergabung dengan Porto. Dia membawa tim dari peringkat lima ke peringkat tiga dengan lima belas pertandingan tak terkalahkan di Liga Portugal. Di akhir musim, Mourinho berjanji untuk memenangkan liga pada musim berikutnya. Pria asal Portugal tersebut memenuhi janjinya itu dengan catatan rekor 86 poin dan dia juga memenangkan pertandingan final Liga UEFA melawan Celtic.

Gelar Jose Mourinho Bersama Porto

Pada musim berikutnya, dia kembali memenangkan Liga Portugal, serta Piala Super Portugal dan juga Liga Champions. Selama kompetisi Liga Champions itu, dia mengembangkan hubungannya dengan saling menghormati dengan Sir Alex Ferguson yang semakin diperkuat setelah dia pindah ke Chelsea pada tahun 2004 dan disanalah dia mendapatkan julukan “The Special One”.

Gelar Jose Mourinho Bersama Chelsea

Dia mempertahankan beberapa staf yang ikut dengannya dari Porto. Di bawah asuhan Mourinho, Chelsea mengamankan gelar domestik pertama mereka dalam 50 tahun dengan menetapkan serangkaian rekor sepak bola liga Inggris, termasuk poin terbanyak yang pernah dicapainya di Liga Premier sebanyak 95 poin dan kebobolan gol paling sedikit yaitu 15 kali kebobolan, dan bahkan dia juga memenangkan League Cup.

Pada musim keduanya, dia mempertahankan gelar League Cup dan FA Cup. Hal tersebut melihat ke perkembangan konflik antara dia dengan pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich. Kemudian dia meninggalkan Chelsea dengan tak terduga pada tahun 2007 sebagai manajer klub paling sukses.

Lalu Mourinho dipilih sebagai manajer Inter Milan, disana dia memiliki musim pertamanya dengan penampilan yang biasa saja, dengan memenangkan Liga Serie A.
Di musim 2009-2010 adalah musim terbaik dalam hidupnya dengan tiga gelar yang diraihnya yaitu Copa Italia, Liga Serie A dan Liga Champions. Namun setelah itu dia meninggalkan Inter Milan setelah musimnya yang menakjubkan itu dan dia memutuskan untuk bergabung bersama Real Madrid.

Gelar Jose Mourinho Bersama Inter Milan

Bersama klub raksasa Spanyol, kinerja dia berada di bawah rata-rata. Dia hanya satu kali memenangkan La Liga dan satu kali Copa del Rey dalam dua musim. Dalam musim terakhirnya dia tidak meraih gelar apapun di Real Madrid dan dia mengklaim itu adalah musim terburuk dalam hidupnya.

Rekor Jose Mourinho di Real Madrid

Di musim 2014-2015, dia kembali ke Chelsea dan kemudian dia memenangkan Liga Premier dan League Cup, namun pada musim berikutnya dia meninggalkan klub setelah musimnya yang mengecewakan dengan hanya meraih 11 poin dalam 12 pertandingan terakhir.

Rekor Jose Mourinho di Manchester United

Selanjutnya dia bergabung dengan Manchester United pada tahun 2016 dan telah berhasil membawa United memenangkan League Cup dan Liga Eropa di musim debutnya bersama klub.

Total Rekor Jose Mourinho

Taktik Umum Mourinho

Mourinho sangat terkenal karena kehebatannya taktiknya, manajerial yang berani, dan kemampuannya dalam beradaptasi untuk berbagai situasi. Mourinho juga diakui karena perhatiannya terhadap bagian yang kecil, perencanaan organisasi dan komunikasi dalam pertandingan.

Biasanya dia menerapkan formasi 4-3-3 atau 4-4-2. Terkadang dia menggunakan formasi 4-5-1 untuk menghadapi sesuatu yang terjadi di babak berikutnya dari turnamen.

Jose Mourinho lebih menyukai gelandang tengah yang kuat, stabil dan juga pemain sayap yang cepat untuk dia manfaatkan secara maksimal. Mourinho dipuji karena reaksi cepatnya terhadap pertandingan. Bersama Chelsea, dia berhasil menggunakan formasi 4-1-2-3 yang menggunakan Demba Ba sebagai mesin pencetak gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *